Bersama Dharma Pertiwi, SMA Pradita Dirgantara Siap Bawa Angklung Mendunia

hari angklung sedunia sma pradita dirgantara

Boyolali – Di mata dunia, saat ini angklung menjadi kebanggaan tersendiri karena telah diakui oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia sejak 16 November 2010. Kini, setiap 16 November, selalu diperingati sebagai Hari Angklung Sedunia.

Untuk mendukung hari angklung sedunia tersebut, hari ini, Senin, (8/11/2021), SMA Pradita Dirgantara (SMA PD) mengikuti gelaran “Lestarikan, Giatkan, dan Generasikan Angklung Mendunia” yang diadakan oleh Dharma Pertiwi bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, OASE Kabinet Kerja, Dekranas, dan LaDara. Acara digelar secara live streaming melalui kanal YouTube Dharma Pertiwi.

Tidak hanya itu, SMA PD juga mengundang enam sekolah di Boyolali untuk turut pada acara ini, yakni SMA 1 Boyolali, SMA 2 Boyolali, SMA 1 Ngemplak, SMA 1 Banyudono, dan SMA 1 Nogosari. Keenam sekolah menengah atas di daerah Boyolali mengirimkan perwakilannya untuk turut memainkan lagu Imagine dari John Lennon.

Sementara itu Ketua Umum Dharma Pertiwi, Nanny Hadi Tjahjanto yang juga merupakan Ketua Umum Yayasan Ardhya Garini – organisasi yang menaungi SMA PD, menuturkan bahwa saat ini kemajuan dan perkembangan angklung tidak seimbang dengan kaum muda, minimnya regenerasi para seniman angklung menjadi jumlah mereka menjadi makin lama makin sedikit dan didominasi oleh kaum tua, oleh karena itu, merupakan tugas bersama untuk mewariskan kepada generasi muda dan mengajak untuk terus senantiasa berkarya dan menjaga kelestarian karya bangsa ini.

“Budaya merupakan sebuah citra dan identitas dan sebuah bangsa, maka itu banggalah memiliki budaya yang beraneka ragam,” paparnya dalam sambutan.

Dalam kesempatan ini, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo juga turut menyampaikan secara daring agar peringatan Hari Angklung Sedunia tahun 2021 dijadikan momentum untuk membangkitkan kecintaan dan kepedulian kepada angklung serta mengajak untuk memainkan kembali angklung di berbagai acara di Indonesia dan di berbagai belahan dunia.

Acara juga diisi dengan dialog interaktif antara Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Amerika Serikat, Prof. Popy Rufaidah, Ph.D., Duta Besar / Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Prof. Ismunandar, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Dr. Hilmar Farid, yang hadir secara virtual melalui zoom dengan Ketua Saung Angklung Mang Udjo, Taufik Udjo.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scroll to Top