Morning Speech, Cara Baru Latih Public Speaking Siswa SMA Pradita Dirgantara

public speaking sma pradita dirgantara

Boyolali – Mulai awal September 2021 lalu, SMA Pradita Dirgantara membuat sebuah program baru yang ditujukan untuk seluruh siswa dan untuk melatih kemampuan public speaking. Namanya adalah morning speech, dimana siswa dari seluruh angkatan diberi kesempatan untuk berpidato di depan civitas sekolah setiap Selasa dan Kamis pagi.

Morning speech ini dimulai pada pukul 06.30 WIB pagi, dan biasanya berlangsung kurang dari 20 menit bersamaan dengan apel pagi. Pada kesempatan ini, siswa mel

akukan pidato tentang 17 goals pada Sustainable Development Goals (SDGs). Mereka diberikan kesempatan untuk memilih 1 dari 17 goals dan kemudian melakukan presentasi selama kurang lebih 5-10 menit.

Baca juga: Resmi, SMA Pradita Dirgantara mendapatkan Badge Verified dari Instagram

Seperti pagi ini misalnya, Kamis, (7/10/2021), Aisyah Gusmi (kelas XI), dengan begitu percaya diri ia berpidato tentang SDGs nomor 4, yakni kesempatan memperoleh pendidikan untuk semua. Asiyah mengungkapkan bahwa ia cukup beruntung bisa bersekolah di SMA Pradita Dirgantara yang memiliki fasilitas lengkap dan mendapatkan beasiswa penuh selama 3 tahun.

“Ketimpangan memperoleh kesempatan pendidikan itu nyata di luar sana. Saya sendiri sangat bersyukur bisa bersekolah di SMA ini. Saya juga berharap, akan banyak orang-orang baik atau organisasi pemerintah/swasta yang memberikan perhatian khusus di bidang pendidikan ini,” ujar Aisyah.

Masih menurut Aisyah, morning speech jadi tantangan tersendiri bagi siswa SMA Pradita Dirgantara. Ia harus mampu mengatasi rasa gugup dan mempersiapkan materi dengan cukup baik.

“Seperti visi-misi sekolah ini, kalau ingin jadi future leader, public speaking adalah skill yang harus dikuasai. Gugup iya, namun selama menguasai materi, Insy Allah tidak akan blank saat pidato,” pungkas Aisyah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top