5 SMA Terbaik di Jawa Tengah Versi LTMPT: Referensi Pilihan Siswa Kelas 9 SMP

PORTALBANGKALAN.COM – Setiap tahun, siswa kelas 9 SMP sederajat di Jawa Tengah pasti sibuk mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih SMA adalah peringkat sekolah, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) merilis peringkat 1000 SMA terbaik di Indonesia berdasarkan nilai total UTBK 2022. Semakin tinggi perolehan nilai total UTBK 2022 di SMA tersebut, semakin tinggi juga peringkatnya.

Nah, berikut ini dia 5 SMA terbaik di Jawa Tengah versi LTMPT yang bisa menjadi referensi pilihan siswa kelas 9 SMP:

1. SMA PRADITA DIRGANTARA (Kabupaten Boyolali)

SMA Pradita Dirgantara berhasil memperoleh nilai total UTBK 2022 tertinggi di Jawa Tengah, yaitu 640,747. Tidak hanya itu, SMA ini juga meraih peringkat pertama di tingkat provinsi dan peringkat ketiga di tingkat nasional. SMA Pradita Dirgantara terletak di Kabupaten Boyolali.

2. MAN INSAN CENDEKIA PEKALONGAN (Kota Pekalongan)

SMA dengan peringkat kedua adalah MAN Insan Cendekia Pekalongan dengan nilai total UTBK 2022 sebesar 637,499. MAN ini berhasil meraih peringkat kedua di tingkat provinsi dan peringkat keempat di tingkat nasional. MAN Insan Cendekia Pekalongan terletak di Kota Pekalongan.

3. SMAS KOLESE LOYOLA (Kota Semarang)

SMA dengan peringkat ketiga adalah SMAS Kolese Loyola dengan nilai total UTBK 2022 sebesar 611,291. SMAS ini berhasil meraih peringkat ketiga di tingkat provinsi dan peringkat kedelapan di tingkat nasional. SMAS Kolese Loyola terletak di Kota Semarang.

4. SMA UNGGULAN CT ARSA FOUNDATION SUKOHARJO (Kabupaten Sukoharjo)

SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo berhasil memperoleh nilai total UTBK 2022 sebesar 587,175. SMA ini meraih peringkat keempat di tingkat provinsi dan peringkat ke-68 di tingkat nasional. SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo terletak di Kabupaten Sukoharjo.

5. SMAS IT IBNU ABBAS (Kabupaten Klaten)

SMA dengan peringkat kelima adalah SMAS IT Ibnu Abbas dengan nilai total UTBK 2022 sebesar 584,656. SMAS ini meraih peringkat kelima di tingkat provinsi dan peringkat ke-76 di tingkat nasional. SMAS IT Ibnu Abbas terletak di Kabupaten Klaten.

Itulah 5 SMA terbaik di Jawa Tengah versi LTMPT yang bisa menjadi referensi pilihan siswa kelas 9 SMP. Ternyata, peringkat 1 bukan di ibu kota provinsi Jawa Tengah, yaitu Kota Semarang, melainkan di Kabupaten Boyolali. Semoga informasi ini bermanfaat bagi siswa kelas 9 SMP sederajat dan dapat membantu dalam memilih SMA yang tepat untuk melanjutkan pendidikan. ***

 

Sumber : https://bangkalan.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-2746495005/5-sma-terbaik-di-jawa-tengah-versi-ltmpt-referensi-pilihan-siswa-kelas-9-smp

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scroll to Top